Aplikasi Excel Agenda dan Arsip Surat versi 2

Aplikasi Excel Agenda dan Arsip Surat versi 2

Aplikasi Excel Agenda dan Arsip Surat versi 2

Aplikasi Excel Agenda dan Arsip Surat versi 2 ini adalah aplikasi berbasis Microsoft Office Excel yang ExcelManiacs.id kembangkan atas kebutuhan pekerjaan dari Pengadministrasi Surat dengan harapan tugas pokok dan fungsinya dapat dipermudah dengan adanya aplikasi ini.

Fitur Aplikasi Excel Agenda dan Arsip Surat versi 2

Adapun fitur dalam aplikasi berbasis excel ini adalah adanya tambahan fitur pengkodean arsip surat, kelebihannya tentu berada pada kemudahan pengadministrasi untuk mengarsipkan surat sehingga arsip surat dapat diketahui di mana letak media penyimpanan arsip baik diletakkan dalam Rak Arsip ataupun Filling Cabinet.

Silahkan unduh file: Aplikasi Excel Agenda dan Arsip Surat ini kemudian ExcelManiacs.id akan jelaskan secara singkat bagaimana cara menggunakan Aplikasi Excel Agenda dan Arsip Surat semoga bermanfaat bagi Anda yang bertugas sebagai pengadministrasi surat.
Catatan: Agar aplikasi dapat digunakan dengan sempurna, pastikan Program Microsoft Office yang terinstall pada PC atau Komputer Anda adalah minimal Microsoft Office 2010 atau yang terbaru.
Butuh aplikasi lain?

1. Mengaktifkan Fitur Macro Excel

Jika Microsoft Office Excel Anda belum aktif macro excelnya, silahkan baca caranya di Cara Mengaktifkan Macro Excel.
Berikut video cara mengaktifkan macro excel:

Jika macro excel pada PC Anda sudah aktif, silahkan lewati langkah ini.


2. Menggunakan Aplikasi Excel Agenda dan Arsip Surat

Sebelum Anda dapat menggunakan aplikasi ini ExcelManiacs.id akan jelaskan terlebih dahulu tombol-tombol berserta fungsi-fungsi yang terdapat dalam aplikasi, tombol-tombol tersebut antara lain:
  • Tombol Navigasi, terdiri dari 6 (enam) tombol navigasi dengan fungsi sebagai tombol untuk mengarahkan Anda ke halaman:
  1. Beranda;
  2. Referensi;
  3. Identitas;
  4. Surat Masuk, terdiri dari : Menu Pencarian Surat Masuk, Disposisi, Laporan, dan Tanda Terima;
  5. Surat Keluar, terdiri dari : Menu Pencarian Surat Keluar, Laporan, dan Tanda Terima;
  6. Cetak Cover.
Aplikasi Excel Agenda dan Arsip Surat versi 2
Tombol Navigasi
Adapun fitur dan fungsi yang terdapat dalam menu halaman-halaman tersebut di atas sebagai berikut:

A. Beranda

Berikut adalah tampilan "Beranda" aplikasi:
Aplikasi Excel Agenda dan Arsip Surat versi 2
Halaman Beranda Aplikasi
Fungsi tombol-tombol yang terdapat dalam halaman Beranda adalah sebagai berikut:
Aplikasi Excel Agenda dan Arsip Surat versi 2
Tombol-tombol dalam halaman Beranda
A.1. Tombol +DATA
Berfungsi sebagai tombol perintah aplikasi untuk menampilkan form pengisian data surat masuk, gambar di bawah adalah tampilan form pengisian data surat masuk sekaligus form yang berfungsi untuk menentukan lokasi penyimpanan dan pengkodean arsip surat. 
Aplikasi Excel Agenda dan Arsip Surat versi 2
Form Pengisian Data Surat Masuk
Silahkan isi data surat sesuai kolom pertanyaannya, hingga ke kolom "Arsip Surat", kolom ini berfungsi sebagai form pengisian "Link" atau "Shortcut" ke file hasil Scan yang terletak dalam PC sehingga ketika nama arsip yang terdapat dalam menu pencarian surat kita "klik" maka arsip surat dapat langsung kita lihat. 
Adapun cara menempatkan"Link" untuk membuka file surat hasil scan sebagai berikut:
klik tombol pilih Ada, maka form akan tampil sepeti pada gambar di bawah ini.
Aplikasi Excel Agenda dan Arsip Surat versi 2
Kolom Input Link Arsip

  • Silahkan klik tombol dengan gambar kaca pembesar seperti pada gambar di atas, kemudian ikuti langkah selanjutnya persis seperti yang ditunjukkan pada gambar-gambar berikut:
Aplikasi Excel Agenda dan Arsip Surat versi 2
Cara Mengaktifkan Link Arsip Surat
Kemudian klik teksbox seperti pada gambar dibawah lalu Paste (Ctrl+V)
Aplikasi Excel Agenda dan Arsip Surat versi 2
Cara Mengaktifkan Link Arsip Surat (Ctrl + V)

Setelah langkah-langkah tersebut tak satupun Anda lewatkan, silahkan klik tombol Simpan, maka input data kegiatan atau kinerja telah selesai.

Video cara menginput link arsip surat dapat dilihat di bawah ini:



A.2. Tombol DataBase
Tombol DataBase berfungsi sebagai tombol untuk mengakses Database Surat Masuk yang sudah kita input, berikut tampilan database Aplikasi Excel Agenda dan Arsip Surat versi 2 ini:
Aplikasi Excel Agenda dan Arsip Surat versi 2
Database Surat Masuk
A.3. Tombol Ubah Logo
Tombol ini berfungsi untuk membuka "Unprotect Sheet" agar logo yang terdapat dalam halaman Beranda dapat Anda ubah sesuai dengan unit kerja Anda.
Setelah tombol Ubah Logo Anda klik, kemudian silahkan klik tombol dengan logo "lup" atau kaca pembesar, tombol ini akan memerintahkan aplikasi untuk membuka jendela pencarian gambar yang terdapat di dalam PC/Komputer Anda.
Setelah logo sudah Anda masukkan ke dalam Beranda dan ukuran logo sudah Anda tentukan, kemudian klik tombol OK dan SAVE agar Excel dapat menyimpan logo yang telah Anda tetapkan sebelumnya.

A.4. Grafik
Grafik yang terdapat di halaman beranda mempunyai fungsi sebagai informasi data surat masuk dan surat keluar berdasarkan jumlah surat, bulan, dan tahunnya.
Aplikasi Excel Agenda dan Arsip Surat versi 2
Grafik Jumlah Surat Masuk perBulan perTahun


Aplikasi Excel Agenda dan Arsip Surat versi 2
Grafik Jumlah Surat Masuk perBulan perTahun

B. Referensi

Halaman Referensi berisi data informasi yang dibutuhkan Aplikasi Excel Agenda dan Arsip Surat versi 2 ini sehingga aplikasi dapat Anda gunakan sesuai keinginan Anda.
Adapun data yang harus Anda isi dalam halama referensi ini adalah:

  1. Daftar Nama yang berada dalam unit kerja Anda yang berisi data Nama, NIP, dan Golongan;
  2. Daftar Jenis Surat;
  3. Daftar Indeks Surat;
  4. Daftar Nama dan Jenis Media Penyimpanan Arsip yang berfungsi sebagai referensi aplikasi untuk menentukan peng"KODE"an arsip surat.
Aplikasi Excel Agenda dan Arsip Surat versi 2
Daftar Referensi Media Arsip

C. Identitas

Silahkan klik tombol Identitas, kemudian aplikasi akan menampilkan menu input data identitas unit kerja dan petugas pengadministrasi surat maupun atasan langsungnya, seperti terlihat pada gambar di bawah ini:
Aplikasi Excel Agenda dan Arsip Surat versi 2
Menu Input Identitas

D. Surat Masuk/Surat Keluar (Fitur Pencarian Surat)

Aplikasi Excel Agenda dan Arsip Surat versi 2
Halaman Surat Masuk
Seperti terlihat pada gambar di atas, halaman "Surat Masuk" ini berfungsi sebagai halaman menu pencarian Surat Masuk, adapun menu pencarian surat masuk dapat Anda pilih berdasarkan kolom-kolom yang terdapat di dalam tabel data surat masuk.
Misalkan Anda mencari surat berdasarkan Nomor Surat, silahkan klik menu daftar pilih atau  "dropdown" seperti pada gambar di bawah lalu ketik nomor surat yang Anda cari pada kolom "Ketik di kolom ini >".
Aplikasi Excel Agenda dan Arsip Surat versi 2
Menu Pencarian Surat

E. Disposisi

Halaman disposisi adalah halaman yang berfungsi untuk mencetak Lembar Disposisi berdasarkan Nomor Surat dan Tujuan Surat. Informasi yang terapat dalam lembar disposisi tentu sudah sesuai dengan data surat yang telah Anda input sebelumnya.
Aplikasi Excel Agenda dan Arsip Surat versi 2
Halaman Cetak Lembar Disposisi

F. Laporan

Format laporan yang tersedia dalam Aplikasi Excel Agenda dan Arsip Surat versi 2 ini terdiri dari 3 (tiga) kategori jenis laporan berdasarkan periode, antara lain:
  1. Laporan Harian
  2. Laporan Bulanan
  3. Laporan Tahunan
Mencetak laporan Agenda Surat Masuk maupun Agenda Surat Keluar adalah sama saja, seperti terlihat pada gambar di bawah ini:

Aplikasi Excel Agenda dan Arsip Surat versi 2
Menu Cetak Laporan

tombol pilihan (Laporan HarianLaporan Bulanan, dan Laporan Tahunan), berfungsi sebagai menu pilihan jenis periode laporan yang akan Anda cetak, misal ketika Anda akan mencetak dengan periode laporan harian maka Anda harus mengklik tombol pilihan bertuliskan "Laporan Harian" ditandai dengan warna latar yang berubah pada tulisan tersebut.Pada gambar di atas terdapat kolom isian tanggal, tombol-tombol perintah (Command Botton), dan tombol pilihan (Option Botton) dengan fungsi-fungsi sebagai berikut:
  • kolom pilihan TanggalBulan, dan Tahun, kolom ini harus diisi sesuai dengan tanggal, bulan, dan tahun pembukuan atau laporan dibuat.
  • tombol PROSES, berfungsi memerintahkan excel agar memproses laporan agar baris-baris kolom yang masih kosong atau tidak ada datanya akan disembunyikan dan laporan siap untuk dicetak.
  • tombol RESET berfungsi memerintahkan excel untuk mereset laporan sehingga baris-baris input data yang kosong terlihat kembali.
  • tombol LIHAT berfungsi untuk melihat dalam mode print preview apakah laporan sudah siap dicetak/diprint sesuai dengan data yang telah Anda input.
  • tombol CETAK berfungsi untuk mencetak laporan. tombol cetak yang tersedia dibuat hanya mencetak satu rangkap dokumen saja, namun apabila Anda menghendaki tombol ini mencetak lebih dari satu dokumen maka excelmaniacs.id dapat mensettingnya kemudian.
tips: tekan Ctrl + P pada keyboard Anda untuk menampilkan menu pilihan pencetakan dan silahkan baca juga tips dari ExcelManiacs.id tentang: Cara Kerja Cepat Pakai KEYBOARD.

G. Tanda Terima

Aplikasi Excel Agenda dan Arsip Surat versi 2
Halaman Cetak Tanda Terima
Tanda terima dapat Anda cetak apabila Anda butuhkan untuk melengkapi dokumen administrasi persuratan dalam unit kerja Anda.

H. Cover

Mencetak cover atau halaman muka agenda surat masuk maupun agenda surat keluar dibutuhkan apabila Anda ingin membuat laporan pembukuan yang akan dijadikan sebagai bahan laporan kinerja Anda kepada pimpinan pada unit kerja Anda.

Aplikasi Excel Agenda dan Arsip Surat versi 2
Halaman Menu Cetak Cover

Demikian penjelasan singkat dari ExcelManiacs.id tentang Aplikasi Excel Agenda dan Arsip Surat versi 2, mudah-mudahan bermanfaat untuk mempermudah pekerjaan Anda.

Silahkan unduh file aplikasi percobaannya pada link di bawah ini.


Jangan lupa untuk membaca dahulu: Cara Mengaktifkan Macro Excel agar aplikasi dapat digunakan pada PC Anda jika fitur Macro pada Microsoft Office Excel belum diaktifkan.

Jika ada pertanyaan seputar aplikasi, silahkan kirim pertanyaan Anda melalui kolom KOMENTAR di bawah halaman ini.

Berminat Menggunakan Aplikasi Excel Agenda dan Arsip Surat versi 2?
Silahkan lihat petunjuknya di: Aplikasi Excel Gratis dari Excel Maniacs


<<< Terima Kasih >>>

Subscribe to receive free email updates:

39 Responses to "Aplikasi Excel Agenda dan Arsip Surat versi 2"

  1. Replies
    1. Terima kasih.
      jika membutuhkan aplikasi tsb. silahkan email ke excelmaniacsid@gmail.com

      Delete
    2. mohon infonya sudah saya email. trims

      Delete
    3. Mohon info utk aplikasi fullnya, postingan share utk blog udah sent ke email, trims,,

      Delete
    4. Trimakasih,
      Saya ingin memakai aplikasi agenda dan surat masuk dan keluar. kelihatan menarik sekali aplikasinya.
      saya email Gan...

      Delete
  2. Aplikasinya Bagus dan bisa untuk mempercantik dalam membuat dokumentasi Surat,
    Bisa di kirim Password dan file Mentahannya tidak,
    Untuk di kembangkan kembali sesuai dengan kebutuhan saya mas.
    Mohon di email ke wawankurniawan789@gmail.com

    Terimakasih banyak, semoga muncul dan terus mengembangkan Aplikasi-aplikasi yang lainnya.

    ReplyDelete
  3. Aplikasinya bagus, minta kirim passwordnya Admin, meliarondruru@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf, aplikasi hanya diperuntukan 1 user saja, silahkan lihat caranya di akhir posting.
      Terima kasih...

      Delete
  4. assalamualaikum wr..wb

    saya sudah share di FB saya terus biarjadi full mas terima kasih, ini untuk admin DKM Masjid

    wassalmualaikum...wr..wb

    ReplyDelete
  5. assalamu'alaikum wr.wb.

    alhamdulillah aplikasi yang bagus, semoga menjadi ilmu yang berkah dunia akhir buat mas admin_nya, bole minta passwordnya mas abdul.rahman4md@gmail.com,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam...
      Silahkan konfirmasi ke excelmaniacsid@gmail.com dengan mengirimkan Nama dan NIP (jika ada) Pengadministrasi Suratnya.
      Terima kasih.

      Delete
  6. Assalamu'alaikum wr. wb.

    Aplikasi yang saya cari2..akhirnya ketemu juga, Alhamdulillah..
    jika berkenan saya ingin menggunakan yang full version nya mas, yang bisa saya ubah untuk keperluan kantor.. terima kasih sebelumnya..

    wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  7. mohon admin saya kirim aplikasinya karena aplikasi ini sangat saya butuhkan trim

    ReplyDelete
  8. mohon minta Aplikasinya min di email ibnumujahid.idn@gmail.com

    terima kasih

    ReplyDelete
  9. kalau mau order caranya bagaimana gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan baca petunjuknya di akhir posting aplikasi.

      Delete
  10. boleh dikirim min aplikasi fullnya di email alhamid.andi@gmail.com

    ReplyDelete
  11. tolong full versinya donk...agungjuari86@gmail.com

    ReplyDelete
  12. sudah di share ke Facebook yadifahmi2@gmail.com

    ReplyDelete
  13. mohon maaf untuk aplikasi yang dikirim melalui email jika belum full version bagaimana cara untuk untuk mendapatkan versi full versionnya? terimaksih.

    ReplyDelete
  14. Masya Allah...
    Wah mantap aplikasi2 yg ada di excelmaniacs dot id. salut buat empunya. sangat membantu....
    izin sedot dn ngoprek ya
    Jazakallah khairan

    ReplyDelete
  15. Mas aku mau aplikasi agenda surat v2 dong mas yg full versi, aku udah posting di FB youtubenya juga udah aku subscribe juga...
    Fikrimulyadi35@gmail.com

    ReplyDelete
  16. aplikasi sangat membantu sekali dalam pekerjaan , mohon email pak ke email asep197.ak@gmail.com

    ReplyDelete
  17. Aplikasi sungguh sangat membantu..

    Bisakah kami mendapatkan Versi Full Versi?

    Bila diperkenankan bisakah di kitim ke email: Lppmanado1#gmail.com

    ReplyDelete
  18. Aplikasinya bagus dan bisa memudahkan dalam membuat dokumentasi Surat,

    Bisakah di kirim Password dan file Mentahannya,

    untuk dikembangkan kembali sesuai dengan kebutuhan?

    Email ke: getorpangsid@gmail.com

    Terima kasih atas perkenannya.

    ReplyDelete
  19. gan bisa kirim aplikasi surat masuk dan keluar vers terbaru gan ke email darwiscool608@gmail.com

    ReplyDelete
  20. Bagaimana saya bisa mendapatkan aplikasi ini full.. bisa kirim file aplikasi ini ke
    agushp95@gmail.com

    ReplyDelete
  21. Aplikasinya sangat membantu sekali, kiranya berkenan untuk full versionnya, terima kasih.
    smkymamegamendung@gmail.com

    ReplyDelete
  22. Sangat membantu dan bermanaat sekali. Masya Allah

    ReplyDelete
  23. aplikasi yang sangan menarik. dan saya pun tertarik. sekiranya berkenan, mohon kirim full versinya. saya kirim email ya. terimakasih banyak sebelumnya.

    ReplyDelete
  24. sudah meminta aplikasi dan telah mengikuti instruksi untuk mendapatkan apk ini mohon kirim aplikasinya ka saya sangat embutuhkannya untuk urusan kantor :)

    ReplyDelete
  25. mohon kirim fie nya , tahun hanya sampai 2020

    ReplyDelete
  26. mohon maaf saya sudah menghubungi lewat email. mohon untuk segera ada balasannya

    ReplyDelete
  27. Salam saya sdh kirim identitas diri

    ReplyDelete
  28. Menunggu konfirmasinya

    ReplyDelete
  29. mohon bantuannya Ulinnuhat12j@gmail.com

    ReplyDelete
  30. smk terpadu wahdah tIg kirim fiIenya

    ReplyDelete