Aplikasi Excel BKU BOS

Aplikasi Buku Kas Umum (BKU) Bendahara BOS

Bagi Anda yang bertugas sebagai Bendahara Bantuan Operasional Sekolah (BOS), seperti biasanya ExcelManiacs.id telah buatkan aplikasi sederhana berbasis Microsoft Office Excel yang mudah-mudahan bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan

Silahkan unduh aplikasi versi demonya pada link download di bawah sebagai bahan pertimbangan bagi Anda apakah aplikasi ini sudah sesuai dengan kebutuhan Anda.


Selanjutnya ExcelManiacs.id akan menjelaskan secara singkat bagaimana cara menggunakan Aplikasi Buku Kas Umum (BKU) Bendahara BOS - Premium Version ini dan jika Anda berminat memberikan donasi untuk mendapatkan aplikasi full versionnya, silahkan email ke excelmaniacsid@gmail.com
Silahkan baca juga: Aplikasi SPPD atau Aplikasi Excel Perhitungan Pajak Penghasilan

Sebelum Menggunakan Aplikasi Excel BKU Bendahara BOS

Langkah-langkah yang harus Anda lakukan sebelum membuka file Aplikasi Buku Kas Umum (BKU) versi 2 adalah sebagai berikut:

Langkah Pertama:
Agar aplikasi dapat Anda gunakan, pastikan versi Microsoft Office Excel Anda adalah minimal Office versi 2010 atau 2013 atau yang terbaru Office versi 2016 agar aplikasi dapat digunakan pada PC atau Laptop Anda.
Setelah file berhasil Anda unduh, silahkan ekstrak file RAR (Aplikasi BKU_v2_demo.RAR) tersebut ke folder yang Anda inginkan. 
Lalu klik kanan file : Aplikasi_Excel_BKU_BOS.xlsm kemudian klik Properties lalu centang/ceklist Unblock kemudian klik Apply lalu klik tombol OK.

Langkah Kedua:
Pastikan macro excel pada Office Excel Anda sudah diaktifkan terlebih dahulu agar Aplikasi Buku Kas Umum (BKU) Bendahara BOS ini dapat berfungsi dengan baik pada PC Anda. Silahkan baca caranya di SINI.

Langkah Ketiga:
Mengaktifkan dan mendownload Add-Ins Terbilang Excel, caranya dapat Anda lihat di SINI.


Cara Menggunakan Aplikasi Excel BKU Bendahara BOS

Adapun cara mengoperasikan aplikasi adalah sebagai berikut:

1. Input Identitas

Aplikasi Excel BKU BOS
Kolom Input Identitas
Adapun cara menginput Identitas adalah dengan cara mengklik tombol Identitas yang terletak di bagian atas halaman aplikasi yang berfungsi juga sebagai tombol-tombol navigasi aplikasi yang dapat mengarahkan Anda ke menu-menu dan fitur-fitur yang tersedia dalam Aplikasi Excel BKU Bendahara BOS ini yang tampak seperti pada gambar berikut.
Aplikasi Excel BKU BOS
Tombol Navigasi Aplikasi BKU

2. Input Saldo Awal

Silahkan klik tombol Saldo Awal seperti pada gambar di atas untuk mengisi saldo awal untuk setiap Jenis Pembukuannya apabila dibutuhkan.
Jenis Pembukuan yang terdapat dalam Aplikasi Excel BKU BOS ini terdiri dari:
  1. BUKU KAS UMUM (BKU)
  2. BUKU PEMBANTU TUNAI (BP Tunai)
  3. BUKU PEMBANTU BANK (BP Bank)
  4. BUKU PEMBANTU PAJAK (BP Pajak)


3. Input Transaksi Bendahara Pengeluaran

Dalam menu halaman utama aplikasi (tombol Beranda), silahkan klik tombol INPUT yang terletak di dalam kolom INPUT TRANSAKSI seperti pada gambar di bawah.
Aplikasi Excel BKU BOS
tombol input dan edit transaksi
Setelah tombol INPUT Anda klik, akan tampil form seperti gambar berikut.
Aplikasi Excel BKU BOS
Form input transaksi BKU
Adapun form isian yang harus diinput terdiri dari:
  1. Tanggal Transaksi
  2. Program/Kegiatan (kode akan tampil otomatis)
  3. Komponen Pembiayaan (kode akan tampil otomatis)
  4. Jenis Transaksi
  5. Uraian Tansaksi
  6. Jumlah/Nilai Transaksi

4. Mencetak BKU dan Buku-buku Pembantu

Setelah seluruh transaksi selesai diinput, selanjutnya adalah mencetak Buku Kas Umum dan Buku-buku Pembantu Kas lainnya.
Adapun output dari Aplikasi Excel BKU BOS terdiri dari:
  1. BUKU KAS UMUM (BKU)
  2. BUKU PEMBANTU TUNAI (BP Tunai)
  3. BUKU PEMBANTU BANK (BP Bank)
  4. BUKU PEMBANTU PAJAK (BP Pajak)
  5. REKAPITULASI REALISASI PENGGUNAAN DANA BOS
  6. COVER BKU
Silahkan klik tombol navigasi Buku, maka aplikasi akan mengarahkan Anda ke halaman cetak BKU persis terlihat seperti pada gambar berikut.

Aplikasi Excel BKU BOS
Menu Cetak BKU dan Buku-buku Pembantu

Pilih Jenis BukuDalam halaman menu cetak BKU tersebut terdapat "Combo Box" atau menu daftar pilih yang harus kita tentukan terlebih dahulu sebelum BKU dan buku-buku Pembantu lainnya dapat Anda cetak, daftar pilih tersebut terdiri dari:
  1. Pilih Bulan Pembukuan
  2. Pilih Tanggal Cetak
  3. Pilih Hari dan Tanggal Laporan/Berita Acara
Aplikasi Excel BKU BOS
Menu Pilih Jenis Buku
Silahkan pilih dan klik jenis buku maka aplikasi akan otomatis memproses jenis buku sehingga Buku Kas Umum atau Buku-buku Pembantu lainnya siap untuk dicetak atau diprint.
Hal tersebut dapat juga dilakukan aplikasi dengan otomatis apabila Anda memilih berdasarkan bulan transaksi atau pembukuannya.

Aplikasi Excel BKU BOS
Menu Pilih Bulan Pembukuan

Aplikasi Excel BKU BOS
Menu Pilih Tanggal Laporan/Berita Acara

Kemudian jangan lupa untuk menentukan Tanggal Laporan/Berita Acara seperti terlihat pada gambar di atas.
Setelah ketiga menu pilih tersebut telah selesai Anda lakukan, maka Buku Kas Umum atau Buku-buku Pembantu lainnya dapat Anda cetak dengan mengklik tombol PRINT.

5. Fitur Tambahan

Fitur tambahan dalam menu cetak ini adalah Anda dapat menyimpan Jenis-jenis Buku pertanggungjawaban bendahara pengeluaran ini ke jenis file PDF dengan cara mengklik tombol PDF seperti pada gambar di bawah ini.
Aplikasi Buku Kas Umum (BKU) versi 2
Tombol Cetak
Aplikasi akan menyimpan File PDF dengan nama sesuai dengan jenis buku, bulan, dan tahun pembukuannya kemudian file akan tersimpan otomatis ke Folder dimana Anda menyimpan File Aplikasi Excel BKU BOS tersebut.
Misal Anda menyimpan file Aplikasi Excel BKU BOS ini di Folder Local Disk D:\KEUANGAN\BP\BKU dan anda mencetak "Buku Kas Umum" bulan "Januari" Tahun "2018" maka file PDF akan bernama "BKU Januari 2018".
Gambar di bawah adalah screenshoot file PDF jika Anda mencetak "Buku Kas Umum" pada bulan "Februari" Tahun "2018".

Aplikasi Excel BKU BOS
File PDF Buku Kas Umum


Screenshoot yang ExcelManiacs.id gunakan pada gambar di atas adalah tampilan dari program Foxit Reader.

Silahkan lihat cara mengaktifkan Add-Ins Terbilang Excel di SINI agar Laporan/Berita Acara dapat Anda cetak dengan sempurna.


6. Berminat Aplikasi Excel BKU BOS?

Silahkan unduh versi Demo Aplikasi Excel BKU BOS ini dan silahkan Anda coba apakah Aplikasi Excel BKU BOS ini sesuai dengan kebutuhan pekerjaan Anda.
>>> Jika sudah Anda coba dan berminat menggunakan aplikasi sesuai dengan kebutuhan Anda, silahkan hubungi ExcelManiacs via:
WhatsApp: 0813 8900 3579 atau
Email : excelmaniacsid@gmail.com

...Terima Kasih...


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Aplikasi Excel BKU BOS"