Aplikasi Excel Formulir Perhitungan Tunjangan Kinerja

Aplikasi Excel Perhitungan Tunjangan Kinerja

Aplikasi Excel Formulir Perhitungan Tunjangan Kinerja (Tukin)

Khusus bagi Anda yang bertugas menghitung Pembayaran, Penambahan, maupun Pengurangan Tunjangan Kinerja (Tukin),  berikut aplikasi sederhana berbasis Microsoft Office Excel yang baru selesai ExcelManiacs buat atas permintaan rekan yang bertugas di Kementerian Agama.
Jadi, referensi perhitungan tunjangan kinerja pada aplikasi ini berdasarkan tabel tunjangan kinerja yang berlaku di Kementerian Agama. Tabel referensi besaran Tukin dapat Anda ubah sesuai unit kerja Anda dalam menu Referensi pada aplikasi ini.
berikut aplikasi versi demo yang dapat Anda unduh via Google Drive sebagai bahan percobaan mudah-mudahan dapat Anda gunakan di tempat Anda ditugaskan.

Setelah file aplikasi berhasil Anda unduh dan Macro Excel pada program Excel Anda belum diaktifkan, silahkan lihat dalam posting tips dari ExcelManiacs sebelumnya dengan judul Cara Mengaktifkan Macro Excel.
Berikut video cara mengaktifkan macro excel:

Setelah macro excel pada program excel Anda sudah aktif, berikut akan ExcelManiacs jelaskan secara singkat dalam menggunakan Aplikasi Excel Formulir Perhitungan Tunjangan Kinerja karena aplikasi ini sangat sederhana dan mudah dioperasikan.
Aplikasi terbaru dari ExcelManiacs:
➤ Aplikasi Excel SKP - KKI Versi 3
➤ Aplikasi Excel Form Perhitungan Lembur
➤ Aplikasi Database Kepegawaian

Cara Menggunakan Aplikasi Formulir Perhitungan Tukin

Tombol Navigasi Aplikasi

Tombol navigasi seperti pada gambar di bawah berfungsi untuk mengakses halaman atau menu-menu yang terdapat dalam aplikasi.
Aplikasi Excel Formulir Perhitungan Tunjangan Kinerja
Tombol navigasi aplikasi

1. BERANDA

Tombol BERANDA, berfungsi untuk mengarahkan Anda ke menu utama aplikasi. Pada halaman ini terdapat fitur pencarian data yang dapat memudahkan Anda untuk mencari data berdasarkan Nama Pegawai, Golongan, Kelas Jabatan, Bulan Pembayaran, dan detail pencarian lainnya. Dalam halaman ini juga Anda dapat menginput dan mengedit data Perhitungan Tunjangan Kinerja yang dapat Anda akses dengan mengklik tombol INPUT/EDIT lalu aplikasi akan menampilkan Form seperti pada gambar di bawah:
Aplikasi Excel Formulir Perhitungan Tunjangan Kinerja
Form Input Data Aplikasi Excel Formulir Perhitungan Tunjangan Kinerja

2. REFERENSI

Tombol REFERENSI berfungsi untuk mengarahkan Anda ke halaman untuk merubah data referensi aplikasi yang terdiri atas:
  1. Nama Petugas
  2. Unit Kerja
  3. Tahun Angaran
  4. Tabel Tunjangan Kinerja
  5. Persentase Pengurangan Tunjangan Kinerja Bagi Pegawai Yang Terlambat Masuk Kerja
  6. Persentase Pengurangan Tunjangan Kinerja Bagi Pegawai Yang Pulang Kerja Sebelum Waktunya
  7. Persentase Pengurangan Tunjangan Kinerja Bagi Pegawai Yang Tidak Masuk Kerja
  8. Persentase Pemotongan Lainnya : Sakit > 3 Hari Tanpa Keterangan; Cuti lahir anak ke3, Cuti Besar, Cuti Diluar Tanggungan Negara; dan Tugas Belajar.

3. LAPORAN

Tombol LAPORAN berfungsi untuk mengarahkan Anda ke halaman pencetakan Tabel Rekapitulasi Perhitungan Tunjangan Kinerja. Berikut adalah tampilan halaman Laporan tersebut:
Aplikasi Excel Formulir Perhitungan Tunjangan Kinerja
Halaman Laporan Rekapitulasi Perhitungan Tunjangan Kinerja
Halaman LAPORAN terdapat kolom isian Bulan dan Tahun serta tombol-tombol: INPUT/EDIT, tombol PRINT, dan  tombol PDF dengan fungsi sebagai berikut:
  • Kolom isian Bulan, berfungsi memberikan perintah kepada aplikasi untuk mengambil data Perhitungan Tunjangan Kinerja berdasarkan bulan pembayaran yang dipilih.
  • Kolom isian Tahun, berfungsi memberikan perintah kepada aplikasi untuk mengambil data Perhitungan Tunjangan Kinerja berdasarkan tahun pembayaran yang dipilih.
  • Tombol INPUT/EDIT, berfungsi untuk menambah atau mengedit data Perhitungan Tunjangan Kinerja.
  • Tombol PRINT, berfungsi untuk mencetak Rekap Perhitungan Tunjangan Kinerja melalui printer berdasarkan Bulan dan Tahun yang Anda pilih.
  • Tombol PDF, berfungsi untuk menyimpan slip gaji dalam format file Pdf berdasarkan nomor data yang Anda pilih. "File Pdf akan tersimpan otomatis ke dalam Folder di mana Anda meletakkan file Aplikasi Excel Formulir Perhitungan Tunjangan Kinerja pada komputer Anda."
Aplikasi Excel Formulir Perhitungan Tunjangan Kinerja
Hasil Cetak dengan PDF

4. DATABASE

Halaman DATABASE merupakan pusat data aplikasi yang berisi data rincian Perhitungan Tunjangan Kinerja yang telah Anda input, Anda dapat mengedit melalui halaman database dengan catatan: tidak diperkenankan untuk menghapus judul-judul kolom yang sudah ada.

5. DATA ASN

Halaman DATA ASN berisi data identitas pegawai pada unit kerja Anda yang berfungsi sebagai referensi aplikasi ketika akan menginput data Perhitungan Tunjangan Kinerja sehingga ketika Anda menginput data melalui form Input maka aplikasi akan secara otomatis mengambil data identotas masing-masing pegawai sesuai data yang terdapat dalam halaman DATA ASN.
Halaman ini digunakan juga untuk mengedit data identitas pegawai yang terdiri dari kolom Nama, NIP, Golongan, dan Kelas Jabatan.

Demikian penjelasan singkat panduan dalam menggunakan Aplikasi Excel Formulir Perhitungan Tunjangan Kinerja, Anda dapat mengunduh aplikasi versi demonya di Google Drive serta panduan mengaktifkan Macro Excelnya di SINI jika macro excel pada komputer Anda belum diaktifkan.

Jika sudah Anda coba dan berminat menggunakan aplikasi sesuai dengan kebutuhan Anda, silahkan lihat caranya di SINI atau hubungi ExcelManiacs via email : excelmaniacsid@gmail.com dengan melampirkan screenshot/ bukti "Share" posting Aplikasi Excel Formulir Perhitungan Tunjangan Kinerja ini via akun "Medsos" Anda (Facebook, twitter, atau lainnya) serta menuliskan Nama Pengadministrasinya.

UpdateAplikasi Excel SKP - KKI Versi 3

>>> Terima Kasih <<<


Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "Aplikasi Excel Formulir Perhitungan Tunjangan Kinerja"

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. alhamdulillah terimakasih banyak gan pekerjaan saya jadi mudah berkat anda,saya akan share di semua media sosial saya ,terus bekarya gan

    ReplyDelete
  3. @EXCEL_MANIACS BANG GIMANA YA KALAU SAYA MENGUPDATE DATA ISIAN KELAS JABATAN SESUAI DENGAN PM 114 TAHUN 2018 ? BOLEH NGAK ?

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete