Aplikasi Buku Induk Penduduk

Aplikasi Buku Induk Penduduk

Aplikasi Excel Buku Induk Penduduk

Bagi Anda petugas Administrasi Desa, data kependudukan desa adalah hal penting yang harus dimiliki sebuah desa. Untuk itu data kependudukan desa yang akurat serta lengkap wajib dimiliki.
Atas dasar itulah, rekan ExcelManiacs yang berasal dari daerah Sumatera Selatan dan Jakarta meminta agar dibuatkan aplikasi untuk menunjang pekerjaan mereka sebagai Pengadministrasi desa.

Akhirnya, Aplikasi Excel Buku Induk Penduduk versi ExcelManiacs dengan referensi data dan formulir-formulir administrasi kependudukan berasal dari Kementerian Dalam Negeri dengan basis aplikasi spesialis maniaknya excel yaitu Microsoft Office Excel.
Meskipun ExcelManiacs rasakan belum sempurna, tapi mudah-mudahan dapat sedikit membantu mempermudah pekerjaan Anda dalam mengelola administrasi desa.

Silahkan unduh file Aplikasi Buku Induk Penduduk di Google Drive, setelah itu silahkan aktifkan Macro Excelnya di Cara Mengaktifkan Macro Excel jika macro excel pada PC atau komputer Anda belum diaktifkan.
Berikut video cara mengaktifkan macro excel:

Aplikasi untuk Ketua RT: Aplikasi Buku Administrasi Ketua RT
Aplikasi untuk Administrasi Rukun Kematian: Aplikasi Excel Iuran RuKem

Cara Menggunakan Aplikasi Excel Buku Induk Penduduk

Pertama kali aplikasi akan menampilkan halaman utama yang ExcelManiacs sebut BERANDA, dalam halaman beranda terdapat tombol-tombol sebagai berikut:
1. tombol Navigasi: BERANDA; REFERENSI; SURAT; dan LAPORAN
2. tombol Input Data terdiri dari:
  1. tombol TAMBAH DATA: DATA PENDUDUK
  2. tombol TAMBAH DATA: SURAT KETERANGAN KELAHIRAN
  3. tombol TAMBAH DATA: SURAT KETERANGAN KEMATIAN
  4. tombol TAMBAH DATA: SURAT KETERANGAN PINDAH DATANG
  5. tombol TAMBAH DATA: SURAT KETERANGAN PINDAH
3. tombol Ubah Logo
4. tombol Show dan Hide (berfungsi untuk menampilkan dan menyembunyikan Ribbon/Toolbar Excel
Aplikasi Buku Induk Penduduk
Aplikasi Menampilkan Ribbon/Toolbar Excel
Aplikasi Buku Induk Penduduk
Aplikasi Menyembunyikan Ribbon/Toolbar Excel

A. Mengisi Data Referensi

Data referensi terdiri dari tiga tahapan pengisian data, antara lain:

1. Referensi
Halaman referensi ini berisi kolom-kolom isian yang menjadi rujukan aplikasi ketika Anda akan menginput data kependudukan, yang terdiri dari kolom-kolom isian:
  • Pendidikan
  • Jenis Kelamin
  • Tempat Lahir
  • Status Perkawinan
  • Kedudukan dalam Keluarga
  • Nama Kelurahan/Desa dan Kode
  • Nama Kecamatan dan Kode
  • Nama Kabupaten dan Kode
  • Nama Propinsi dan Kode
Adapun data nama dan kode kelurahan/desa, kecamatan, dan lainnya dapat Anda unduh di website resmi Kemendagri di SINI.

2. Identitas
Halaman identitas dapat Anda akses dengan mengklik tombol yang terletak di sudut kiri atas aplikasi seperti terlihat pada gambar di bawah.
Aplikasi Buku Induk Penduduk
Halaman Pengisian Identitas
Kolom isian yang terdapat dalam halaman Identitas antara lain:
  1. Nama Aplikasi
  2. Tahun Pembukuan
  3. Propinsi
  4. Kabupaten/Kota
  5. Kecamatan
  6. Kelurahan/Desa
  7. Dusun
  8. Alamat Kantor Desa
3. Pejabat
Sesuai namanya, halaman Pejabat berisi kolom-kolom isian yang data nama dan jabatan yang terkait dengan data kependudukan, kolom isian tersebut terdiri atas:
  • Nama Petugas dan NIP
  • Nama Kepala Desa/Lurah dan NIP
  • Nama Camat dan NIP, dan
  • Nama Kapala Dinas Kependudukandan Pencacatan Sipil dan NIP
Setalah seluruh data Referensi terisi sesuai dengan kebutuhan administrasi desa Anda, selanjutnya Anda dapat melakukan penginputan data penduduk serta membuat surat keterangan yang ExcelManiacs sediakan pada Aplikasi Buku Induk Penduduk ini.

B. Mengisi Data Penduduk

Aplikasi Buku Induk Penduduk
Tombol Input Data Penduduk
Pada halaman BERANDA, silahkan klik tombol TAMBAH DATA seperti terlihat pada gambar di atas, lalu aplikasi akan menampilkan Form Input data penduduk seperti pada gambar di bawah.
Aplikasi Buku Induk Penduduk
Form Input Data Penduduk

C. Mengisi Data Pembuatan Surat Keterangan

Surat keterangan yang ExcelManiacs siapkan pada Aplikasi Buku Induk Penduduk ini terdiri dari:
  1. Surat Keterangan Kelahiran
  2. Surat Keterangan Kematian
  3. Surat Keterangan Pindah Datang
  4. Surat Keterangan Pindah
Untuk mengisi data dalam membuat surat keterangan tersebut, di halaman BERANDA silahkan klik tombol TAMBAH DATA yang terletak sebaris dengan nama Surat Keterangan yang akan dibuat persis seperti pada gambar di bawah.
Aplikasi Buku Induk Penduduk
Tombol Input Data Pembuatan Surat Keterangan

D. Mencetak Surat Keterangan

Mencetak surat keterangan dapat Anda lakukan dengan mengklik tombol navigasi bertulis SURAT, lalu aplikasi akan mengarahkan Anda ke halaman pencetakan surat keterangan kelahiran sama persis seperti pada gambar berikut:
Aplikasi Buku Induk Penduduk
Halaman Cetak Surat Keterangan Kelahiran
Untuk mencetak surat keterangan lainnya, silahkan klik tombol:
  • SKM, mencetak form Surat Keterangan Kematian;
  • SKPDT, mencetak form Surat Keterangan Pindah Datang; dan
  • SKP, mencetak form Surat Keterangan Pindah.
Aplikasi Buku Induk Penduduk
Halaman Cetak Surat Keterangan Kematian
Aplikasi Buku Induk Penduduk
Halaman Cetak Surat Keterangan Pindah Datang
Aplikasi Buku Induk Penduduk
Halaman Cetak Surat Keterangan Pindah
tombol Lihat untuk melihat surat keterangan dalam mode Print Preview untuk memastikan data yang akan dicetak terlihat dengan baik sehingga hasil cetak melalui printer Anda akan sempurna.
tombol Cetak untuk memberi perintah Aplikasi Buku Induk Penduduk ini mencetak surat keterangan melalui printer dengan ukuran kertas F4.
Silahkan baca di CARA SETTING UKURAN KERTAS F4 jika Anda belum mengetahui cara mensetting ukuran kertas F4.
tombol Pdf berfungsi memerintahkan aplikasi untuk menyimpan laporan dalam format file Pdf.
File surat keterangan yang Anda simpan sebagai file pdf akan otomatis tersimpan ke dalam Folder dimana Anda meletakkan file Aplikasi Buku Induk Penduduk ini.

E. Mencetak Buku Induk Penduduk (BIP) dan Rekap

Untuk mencetak Buku Induk Penduduk (BIP), silahkan klik tombol LAPORAN, lalu aplikasi akan mengarahkan Anda ke halaman seperti terlihat pada gambar di bawah.
Aplikasi Buku Induk Penduduk
Halaman Buku Induk Penduduk
Ukuran kertas yang digunakan untuk mencetak Buku Induk Penduduk ini menggunakan ukuran kertas F4, Jika pada Excel Anda belum terdapat pilihan ukuran kertas F4 bisa dilihat di CARA SETTING UKURAN KERTAS F4.

Selanjutnya mencetak Rekapitulasi Penduduk (REKAP), halaman ini dapat Anda akses degan mengklik tombol REKAP lalu akan tampil halaman seperti berikut ini.
Aplikasi Buku Induk Penduduk
Halaman Rekapitulasi Penduduk
Silahkan pilih drop down list:
  • Hitung Berdasarkan:
  • Pilih Bulan
  • Pilih Tahun
Kemudian aplikasi akan otomatis menampilkan data rekapitulasi penduduk berdasarkan pilihan yang Anda tentukan di atas, adapun data yang ditampilkan dalam REKAP ini antara lain:

  1. Jumlah Penduduk Awal Bulan
  2. Jumlah Kelahiran
  3. Jumlah Kematian
  4. Jumlah Pendatang
  5. Jumlah Penduduk Pindah
  6. Jumlah Penduduk Akhir Bulan

Demikian penjelasan singkat dalam menggunakan Aplikasi Buku Induk Penduduk versi ExcelManiacs, Anda dapat mengunduh aplikasi versi demonya melalui Google Drive serta panduan mengaktifkan Macro Excelnya dalam posting tips dari ExcelManiacs: Cara Mengaktifkan Macro Excel jika macro excel pada PC atau komputer Anda belum diaktifkan.

Jika sudah Anda coba dan sudah sesuai dengan kebutuhan lalu berminat Menggunakan aplikasi, silahkan lihat caranya di SINI.
atau Anda berminat "memodifikasi" aplikasi baik struktur maupun kode VBA Excel Aplikasi Buku Induk Penduduk ini, silahkan hubungi ExcelManiacs via email : excelmaniacsid@gmail.com.


>>> Terima Kasih <<<



Subscribe to receive free email updates:

18 Responses to "Aplikasi Buku Induk Penduduk"

  1. BAGAIMANA CARA DAPATKAN APLIKASI INI YA ?

    ReplyDelete
  2. saya mau dapatkan aplikasi ini...bagaimana caranya ya?

    ReplyDelete
  3. BAGAIMANA CARA DAPATKAN APLIKASI INI YA ?

    ReplyDelete
  4. tidak bisa diubah data daerahnya pak,,gimana solusinya

    ReplyDelete
  5. Q mau dong aplikasi ini lagian jabatanku skrng sdh di bagian ini...bisa kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk mendapatkan aplikasi yang hanya dapat digunakan, silahkan lihat caranya di ://www.excelmaniacs.id/p/aplikasi_17.html

      Delete
  6. saya sangat inginkan aplikasi ini, bagaimana pak?

    ReplyDelete
  7. knp nama provisi dan kabupatennya ndak bisa di edit ya.?

    ReplyDelete
  8. bagaimana cara nya saya ingin mendapatkan aplikasi ini ?

    ReplyDelete
  9. bagaimana bisa mengunakan aplikasi ini

    ReplyDelete
  10. saya udah shere bagaimana cara dapat kan Aplikasi data induk kependudukan

    ReplyDelete
  11. saya sudah posting di medsos gan, bagaimana cara menggunakannya gan. pemdessingkup@gmail.com

    ReplyDelete