Aplikasi Excel Data Pejabat

Aplikasi Excel Data Masa Jabatan

Aplikasi Excel Data Pejabat

Aplikasi sederhana berbasis Microsoft Office Excel ini dibuat untuk memudahkan Anda petugas pengadministrasi kepegawaian yang bertugas menginput data jabatan dan masa jabatannya sehingga laporan dan monitoring masa jabatan setiap pejabat di setiap unit kerja dapat diketahui kapan masa jabatannya akan berakhir.

Silahkan download aplikasinya di SINI kemudian ExcelManiacs.id akan jelaskan bagaimana cara menggunakan aplikasinya dan apabila fitur macro excel Anda belum diaktifkan silahkan lihat petunjuknya di SINI atau Andapun bisa di baca di SINI.
Berikut video cara mengaktifkan macro excel:


terbaru: Aplikasi Database Kepegawaian

Cara Menggunakan Aplikasi Excel Data Pejabat

Aplikasi Excel Data Pejabat
Menu Utama Aplikasi
Gambar di atas adalah tampilan menu utama aplikasi yang mana terdapat beberapa tombol yang berfungsi sebagai tombol-tombol perintah dalam menggunakan aplikasi. Adapun langkah-langkah dalam menggunakan ini adalah sebagai berikut:

1. INPUT DATA IDENTITAS

Adapun data yang harus diinput ke dalam aplikasi ini adalah dengan terlebih dahulu memasukkan data-data Identitas Instansi atau unit kerja. Cara mengisi data Identitas dan Referensi tersebut dapat Anda akses melalui tombol-tombol  navigasi seperti pada gambar di bawah:

Aplikasi Excel Data Pejabat
Tombol-tombol navigasi aplikasi
Klik tombol IDENTITAS kemudian aplikasi akan mengarahkan Anda ke menu pengisian identitas instansi seperti terlihat pada gambar di bawah kemudian isilah kolom-kolom tersebut sesuai dengan kebutuhan pada instansi Anda:
Aplikasi Excel Data Pejabat
Menu Input Identitas Instansi
Adapun data yang harus Anda input dalam menu Identitas ini terdiri dari:
  1. IDENTITAS INSTANSI
  2. IDENTITAS PETUGAS
  3. IDENTITAS ATASAN LANGSUNG
  4. DATA NAMA JABATAN

2. INPUT DATA PEJABAT

Pada menu utama aplikasi silahkan klik tombol bertuliskan TAMBAH DATA lalu akan tampil menu input data pejabat seperti pada gambar di bawah ini:
Aplikasi Excel Data Pejabat
Menu Input Data Pejabat
Kolom-kolom isian yang terdapat menu input data pejabat antara lain:
  1. Nama
  2. NIP
  3. Golongan
  4. Tempat/Tanggal Lahir
  5. Jabatan
  6. Nomor dan Tanggal SK Pengangkatan
  7. TMT Jabatan
  8. Tanggal Pelantikan
  9. Masa Jabatan
  10. Arsip SK (hasil scan)
Fungsi dari fitur Arsip SK ini adalah tempat menyimpan link arsip yang berfungsi sebagai akses langsung (jalan pintas/shortcut) untuk membuka Arsip SK yang dapat Anda lihat dalam menu Laporan.

Adapun cara menginput link Arsip SK adalah dengan cara mengklik tombol dengan gambar kaca pembesar seperti pada gambar di bawah, kemudian ikuti langkah selanjutnya persis seperti yang ditunjukkan pada gambar-gambar berikut:

Aplikasi Excel Data Pejabat
Tombol input link Arsip SK

Aplikasi Excel Data Pejabat
Cara Membuat Link Dokumen Arsip Hasil Scan
Setelah langkah-langkah tersebut tak satupun Anda lewatkan, silahkan klik tombol Save, maka input data pejabat telah selesai.
Cara menginput link Arsip SK dapat Anda lihat dalam video di bawah ini:

3. MENCETAK LAPORAN DATA PEJABAT

Dalam menu utama Silahkan klik tombol LAPORAN, maka aplikasi akan mengarahkan Anda ke menu pencetakan laporan data pejabat. Adapun tombol-tombol yang terdapat pada menu pencetakan laporan terdiri dari:

  • Tombol PROSES, berfungsi memerintahkan aplikasi memproses tabel data pejabat agar kolom-kolom yang kosong disembunyikan sehingga laporan siap untuk dicetak.
  • Tombol RESET, berfungsi memerintahkan aplikasi memproses tabel data pejabat agar kolom-kolom yang kosong ditampilkan kembali.
  • Tombol RESET, berfungsi untuk melihat laporan data pejabat dalam mode Print Preview.
  • Tombol PRINT, berfungsi untuk mencetak laporan dimana satu klik tombol berarti satu rangkap hasil print out.

Baca juga: Cara Mencetak dengan Print Area

4. MONITORING MASA JABATAN

Fitur monitoring masa jabatan dapat Anda lihat pada menu utama seperti pada gambar di bawah ini:
Aplikasi Excel Data Pejabat
Menu Monitoring Masa Jabatan
Dalam monitoring masa jabatan tersebut Anda dapat mengetahui jumlah data pejabat dan jumlah pejabat yang akan berakhir masa jabatannya sesuai dengan bulan dan tahun yang telah Anda tentukan pada kolom-kolom berwarna putih seperti pada gambar di atas.

5. PENCARIAN DATA PEJABAT

Fitur pencarian data pejabat dapat Anda akses melalui halaman menu utama aplikasi dengan mengklik tombol Cari Data yang kemudian Anda akan diarahkan ke halaman pencarian data seperti terlihat pada gambar di bawah.
Aplikasi Excel Data Pejabat
Menu Pencarian Data Pejabat

Aplikasi Excel Data Pejabat
Menu Pilih Pencarian Data
Pada gambar di atas terdapat tombol pilihan yang berfungsi untuk memberikan opsi pencarian data berdasarkan nama pejabat dan tahun akhir jabatannya.

6. MENGGANTI LOGO

Logo pada Menu Utama dalam Aplikasi Excel Data Pejabat ini tentu harus diganti sesuai dengan unit kerja atau instansi di mana Anda bertugas. ExcelManiacs.id sediakan cara bagaimana mengganti logo pada Menu Utama Aplikasi dengan cara:
> klik tombol Ganti Logo seperti pada gambar di bawah ini:
Aplikasi Excel Data Pejabat
Tombol Menu Ganti Logo
> kemudian klik tombol Cari, kemudian akan aplikasi akan menampilkan menu pencarian logo seperti pada gambar berikut:
Aplikasi Excel Data Pejabat
Menu Pencarian Logo
Silahkan atur tata letak logo sesuai keinginan lalu kemudian jangan lupa untuk mengklik tombol OK jika logo sudah selesai Anda ganti.



7. MENGEDIT JUDUL LAPORAN

Anda dapat merubah judul laporan data pejabat dengan cara mengklik tombol EDIT pada menu cetak LAPORAN apabila diperlukan.
Aplikasi Excel Data Pejabat
Tombol Edit Laporan

Setelah Judul Laporan Anda ganti, jangan lupa untuk mengklik tombol OK karena dikhawatirkan dapat menghapus rumus-rumus yang terdapat dalam tabel laporan.

Silahkan unduh aplikasi versi demonya: Aplikasi Excel Data Pejabat.

Jangan lupa baca panduan Cara Mengaktifkan Macro Excel agar aplikasi dapat digunakan pada PC Anda jika fitur Macro pada MS Office Excel belum diaktifkan.

Pertanyaan seputar aplikasi, silahkan kirim pertanyaan Anda melalui kolom KOMENTAR di bawah halaman ini.

>>> Terima kasih <<<



Subscribe to receive free email updates:

7 Responses to "Aplikasi Excel Data Pejabat"

  1. terima kasih gan Aplikasinya, saya sudah download, namun saya ingin menampilkan ribbon pada aplikasi tersebut, saya mohon password VBA nya pak, kalo boleh, terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan kirimkan bukti Share posting aplikasinya ke alamat email excelmaniacsid@gmail.com

      Delete
  2. mas untuk password VBA nya kalo ada mohon bantuannya

    ReplyDelete
  3. IJIN SEDOT APLIKASI AGENDA SURAT MASUK DAN KELUAR BROO

    ReplyDelete
  4. terima kasih gan Aplikasinya, saya sudah download, bisa dshare sourcecodeny sama tutorial cara membuatnya, ingin mempelajarinya untuk disesuaikan dengan kebutuhan ditempat kerja/ kantor saya, terimakasih

    ReplyDelete
  5. terima kasih gan Aplikasinya, saya sudah download, bisa dshare sourcecodeny sama tutorial cara membuatnya, ingin mempelajarinya untuk disesuaikan dengan kebutuhan ditempat kerja/ kantor saya, terimakasih, email saya yukida.onz@gmail.com

    ReplyDelete