Aplikasi Excel Formulir Pengisian DUPAK Dosen

Aplikasi Excel Formulir Pengisian DUPAK Dosen

Aplikasi Excel Pengisian DUPAK Dosen

Bagi Dosen atau Tenaga Pendidik di lingkungan perguruan tinggi yang akan mengajukan kenaikan Jabatan Fungsional.
Aplikasi berbasis MS. Office Excel yang sederhana ini dapat membantu mempermudah dosen untuk mengisi formulir DUPAK agar tidak repot dan terhindar dari kesalahan perhitungan.
Berikut tampilannya Menu Utamanya...

1. FITUR APLIKASI

Adapun fitur yang tersedia dalam aplikasi ini antara lain:
  1. Mudah, urutan pengisian formulir yang tersusun langkah demi langkah sehingga tidak membingungkan.
  2. Cepat, satu kali input data kegiatan maka otomatis terisi ke formulir yang lain. Misal, Dosen dengan jabatan Asisten Ahli melaksanakan kegiatan Hasil penelitian atau hasil pemikiran yang didesiminasikan, maka nilai angka kredit kegiatan tersebut langsung terinput ke formulir DUPAK dan terbaca ke Pernyataan Penelitian.
  3. Lengkap, Seluruh formulir yang dibutuhkan seorang Dosen untuk mengajukan kenaikan jabatannya sudah ada dalam aplikasi ini.
Baca Juga: Aplikasi DUPAK PLP
Catatan Penting: Sebelum membuka file aplikasi berbasis MS. Office Excel ini, pastikan fitur macro dalam program excel anda sudah diaktifkan, silahkan download panduannya agar aplikasinya dapat anda gunakan pada PC Anda.
Setelah fitur macro excel pada PC anda sudah aktif, silahkan download dan buka aplikasinya dan akan tampil tampilan layar menu utama seperti gambar di bawah.
aplikasi excel
Menu Utama Aplikasi DUPAK Dosen
Agar lebih memudahkan pengisian, jangan lupa untuk terlebih dahulu mengumpulkan berkas pendukungnya.
setelah berkas lengkap, berikut langkah-langkah pengisian formulir usul kenaikan jabatan fungsional Anda.

2. CARA MENGINPUT DATA

Adapun menu input data yang terdapat dalam aplikasi Formulir Pengisian DUPAK Dosen ini terdiri dari:
  1. Identitas;
  2. Pendidikan;
  3. Penelitian;
  4. Pengabdian;
  5. Penunjang; dan,
  6. Tim Penilai.
Gambar tombol-tombol Menu INPU DATA:
Aplikasi Excel Formulir Pengisian DUPAK Dosen
Menu Input Data
Berikut adalah langkah-langkah menginput data aplikasi Aplikasi Excel Formulir Pengisian DUPAK Dosen:
  • Mengisi Identitas Anda
Klik tombol Identitas untuk masukkan identitas Anda sesuai kolom-kolom isian yang disediakan, pada aplikasi akan tampil menu isian identitas seperti gambar di bawah.
excel
Menu Input Identitas
  • Mengisi data Kegiatan Unsur Pendidikan
Setelah selesai dengan pengisian identitas, kemudian tekan tombol Pendidikan. Menu input data Kegiatan Unsur Pendidikan terdiri dari:
  1. Unsur Pendidikan adalah unsur kegiatan dosen dalam mengikuti pendidikan formal dan memperoleh gelar/sebutan/ijazah dan kegiatan mengikuti diklat prajabatan golongan III yang akan diajukan angka kreditnya;
  2. Unsur Pelaksanaan Pendidikan adalah unsur kegiatan dosen dalam melaksanakan perkuliahan/tutorial/perkuliahan praktikum dan membimbing, menguji serta menyelenggarakan pendidikan di laboratorium, praktik keguruan, bengkel/studio/kebun percobaan/teknologi pengajaran dan praktik lapangan (setiap semester).
Kegiatan Unsur Pendidikan dan Unsur Pelaksanaan Pendidikan dapat ditambahkan dengan mengklik tombol Edit seperti gambar di bawah ini:
Aplikasi Excel Formulir Pengisian DUPAK Dosen
Menu Input Unsur Pendidikan
  • Mengisi data kegiatan Unsur Pelaksanaan Penelitian
Selanjutnya adalah mengisi data kegiatan Pelaksanaan Penelitian dengan mengklik tombol Penelitian, adapun sub unsur dari kegiatan ini meliputi:
  1. Menghasilkan karya ilmiah;
  2. Menerjemahkan/menyadur buku ilmiah yang diterbitkan (ber ISBN);
  3. Membuat rancangan dan karya teknologi/seni yang dipatenkan secara nasional atau internasional; dan
  4. Membuat rancangan dan karya teknologi yang tidak dipatenkan; rancangan dan karya seni monumental/seni pertunjukan; karya sastra.
Seluruh kegiatan Unsur Penelitian dapat ditambahkan dengan mengklik tombol Edit, yang kemudian akan tampil menu input seperti gambar di bawah adalah menu input data sub unsur nomor 2 yaitu kegiatan Menerjemahkan/menyadur buku ilmiah yang diterbitkan (ber ISBN):
Aplikasi Excel Formulir Pengisian DUPAK Dosen
Menu Input Data kegiatan Unsur Penelitian
Keterangan:
Tombol-tombol yang terdapat di dalam menu input kegiatan Unsur Penelitian terdiri dari:
  • Back berfungsi sebagai tombol navigasi yang mengarahkan Anda ke menu input sebelumnya;
  • Home berfungsi sebagai tombol navigasi yang mengarahkan Anda ke menu utama;
  • Peer berfungsi sebagai  tombol navigasi yang mengarahkan Anda ke menu mencetak Lembar Hasil Penilaian Sejawat Sebidang atau Peer Review.
  • Nilai Gabungan berfungsi sebagai  tombol navigasi yang mengarahkan Anda ke menu mencetak Surat Keterangan nilai Gabungan dari Reviewer.
Aplikasi Excel Formulir Pengisian DUPAK Dosen
Lembar Hasil Penilaian Sejawat Sebidang atau Peer Review

Aplikasi Excel Formulir Pengisian DUPAK Dosen
Surat Keterangan nilai Gabungan dari Reviewer
  • Mengisi data kegiatan Unsur Pelaksanaan Pengabdian
Selanjutnya adalah mengisi data kegiatan Pelaksanaan Pengabdian dengan cara mengklik tombol Pengabdian, adapun sub unsur dari kegiatan ini meliputi:
  1. Menduduki jabatan pimpinan pada lembaga pemerintahan/pejabat negara yang harus dibebaskan dari jabatan organiknya;
  2. Melaksanakan pengembangan hasil pendidikan, dan penelitian yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat/industry;
  3. Memberi latihan/penyuluhan/ penataran/ceramah pada masyarakat, terjadwal/terprogram;
  4. Memberi pelayanan kepada masyarakat atau kegiatan lain yang menunjang pelaksanaan tugas pemerintahan dan pembangunan; dan
  5. Membuat/menulis karya pengabdian pada masyarakat yang tidak dipublikasikan.
Cara untuk menambah data Pelaksanaan Pengabdian sama dengan cara menambah data kegiatan pelaksanaan Penelitian.
  • Mengisi data kegiatan Unsur Penunjang Tugas Dosen
Menu input data selanjutnya adalah mengisi data kegiatan Penunjang Tugas Dosen yaitu dengan cara mengklik tombol Penunjang, adapun sub unsur dari kegiatan ini meliputi:
  1. Menjadi anggota dalam suatu Panitia/Badan pada Perguruan Tinggi;
  2. Menjadi anggota panitia/badan pada lembaga pemerintah;
  3. Menjadi anggota organisasi profesi;
  4. Mewakili perguruan tinggi/lembaga pemerintah;
  5. Menjadi anggota delegasi nasional ke pertemuan internasional;
  6. Berperan serta aktif dalam pertemuan ilmiah;
  7. Mendapat tanda jasa/penghargaan;
  8. Menulis buku pelajaran SLTA ke bawah yang diterbitkan dan diedarkan secara nasional;
  9. Mempunyai prestasi di bidang olahraga/-humaniora; dan
  10. Menjadi anggota tim penilaian  jabatan Akademik Dosen
Cara untuk menambah data pelaksanaan kegiatan Penunjang Tugas Dosen sama dengan cara menambah data kegiatan unsur kegiatan sebelumnya.
  • Mengisi data Tim Penilai
Klik tombol Tim Penilai untuk masukkan Tim Penilai Anda sesuai kolom-kolom isian yang disediakan. Pada aplikasi akan tampil menu isian Tim Penilai seperti gambar di bawah.
Aplikasi Excel Formulir Pengisian DUPAK Dosen
Menu Input Tim Penilai
Setelah Anda selesai mengisi seluruh formulir menu Input Data, langkah selanjutnya adalah mencetak Output Data.

3. CARA MENCETAK

Cara mencetak dalam aplikasi Formulir Pengisian DUPAK Dosen ini terdapat pada tombol-tombol menu Output Data yang terdapat dalam aplikasi ini untuk mengisi formulir DUPAK terdiri dari:
  1. DUPAK;
  2. Pernyataan Pendidikan;
  3. Pernyataan Penelitian;
  4. Pernyataan Pengabdian;
  5. Pernyataan Penunjang;
  6. Pernyataan Keabsahan;
  7. Pernyataan Website;
  8. Validasi Karya Ilmiah; dan
  9. Surat Keterangan.
Screenshoot tampilan tombol-tombol Output Data.
Aplikasi Excel Formulir Pengisian DUPAK Dosen
Tombol Output Data
  • Mencetak Formulir DUPAK
Cara mencetak Formulir DUPAK, ketika aplikasi dalam tampilan menu utama, silahkan klik Tombol DUPAK seperti pada gambar di atas kemudian klik tombol Print dan akan tampil di monitor PC Anda seperti pada gambar di bawah:
Aplikasi Excel Formulir Pengisian DUPAK Dosen
Menu Cetak Formulir DUPAK
  • Mencetak Surat Pernyataan
Cara mencetak seluruh Surat Pernyataan, contoh ketika Anda akan mencetak Surat Pernyataan Pendidikan, silahkan klik tombol Pernyataan Pendidikan dan akan tampil seperti gambar di bawah:
Aplikasi Excel Formulir Pengisian DUPAK Dosen
Menu Cetak Surat Pernyataan Pendidikan
Pada gambar di atas terdapat tombol-tombol yang bertanda segiempat berwarna merah yang berfungsi sebagai:
  1. tombol Proses, berfungsi  untuk memproses Surat Pernyataan ke posisi siap di cetak;
  2. tombol Cancel, berfungsi untuk mereset Surat Pernyataan apabila Anda mengedit atau merubah data input pelaksanaan kegiatan  yang Anda pilih.
  3. tombol Print, berfungsi untuk mencetak Surat Pernyataan. (tombol ini berfungsi hanya untuk menghasilkan hasil cetakan hanya 1 (satu) rangkap). Tips: tekan Ctrl+P pada keyboard apabila Anda ingin menambahkan opsi pencetakan lain.
  4. tombol Edit, berfungsi untuk mengedit atau merubah data input pelaksanaan kegiatan yang Anda pilih.
Demikian panduan singkat bagaimana cara menggunakan aplikasi Formulir Pengisian DUPAK Dosen.
Kritik dan saran atau pertanyaan seputar aplikasi, silahkan sampaikan melalui kolom Komentar di bawah halaman ini.

Aplikasi Excel Formulir Pengisian DUPAK Dosen

Cara mengaktifkan fitur macro jika program MS Office Excel belum diaktifkan agar aplikasi dapat Anda gunakan, silahkan klik link downloadnya di SINI.


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Aplikasi Excel Formulir Pengisian DUPAK Dosen"

  1. aplikasi yang sangat bagus dan membantu skali, bolehkah kami tw passwordnya utk mengganti logo dll?trmksh

    ReplyDelete