Aplikasi Excel Laporan Kinerja Harian

Aplikasi Excel Laporan Kinerja Harian

Aplikasi Excel Pembuat Laporan Kinerja Pegawai Negeri Sipil

Bagi Anda Pegawai Negeri Sipil yang membutuhkan laporan kinerja harian maupun laporan kinerja bulanan sebagai bukti kinerja kepada atasan langsung yang dijadikan sebagai salah satu pertanggungjawaban atas pencairan tunjangan kinerja seorang PNS.

Aplikasi laporan kinerja ini ExcelManiacs.id buat berdasarkan permintaan seorang rekan yang berasal dari Kementerian Agama yang membutuhkan sebuah aplikasi sederhana tentu sebuah aplikasi berbasis microsoft office excel yang dapat memudahkannya membuat sebuah laporan kinerja baik laporan kinerja harian maupun laporan kinerja bulannya. (untuk ybs. jika berkenan disebutkan nama dan unit kerjanya, silahkan konfirmasi persetujuan Anda pada kolom komentar).

Apa saja kelebihan yang diberikan aplikasi ini?

  • Efektif > Cukup sekali input kegiatan maka dapat menghasilkan laporan kinerja dalam bentuk format laporan kinerja harian dan laporan kinerja bulanan.
  • Efisien > Dalam satu file excel, seluruh data laporan kegiatan terekam hari perhari, perbulan, hingga pertahun.
  • Mudah > Dengan tampilan user interface yang sederhana sehingga memudahkan Anda menggunakan aplikasi ini.
Selanjutnya, ExcelManiacs.id akan jelaskan bagaimana cara menggunakan aplikasi ini sehingga mudah-mudahan dapat meningkatkan produktivitas kerja Anda yang berdampak pada prestasi kinerja yang dapat dibanggakan oleh pimpinan dan unit kerja Anda...:)

Silahkan unduh Aplikasi Excel Laporan Kinerja Harian kemudian ExcelManiacs.id akan jelaskan cara menggunakan aplikasi Aplikasi Excel Laporan Kinerja Harian ini.

Mengaktifkan Fitur Macro Excel

Jangan lupa untuk mengunduh panduannya di SINI apabila fitur Macro Excel pada PC Anda belum diaktifkan agar aplikasinya dapat berfungsi dengan baik. jika sudah diaktifkan, silahkan lewati langkah ini.
atau Anda bisa video singkatnya berikut ini:




Cara Menggunakan Aplikasi Excel Laporan Kinerja Harian

Sebelum Anda dapat menggunakan aplikasi ini excelmaniacs.id akan jelaskan terlebih dahulu fungsi dari tombol-tombol yang terdapat dalam menu utama aplikasi, dibawah ini adalah tampilan menu utama aplikasi atau bisa disebut juga "beranda"
Aplikasi Excel Laporan Kinerja Harian
Beranda Aplikasi Laporan Kinerja Harian
Tombol dengan tulisan Beranda, Identitas, Laporan Harian, Laporan Bulanan, dan Cover seperti gambar yang ditandai kotak bergaris warna merah pada gambar di atas adalah tombol-tombol yang berfungsi sebagai tombol navigasi yang mengarahkan Anda ke menu aplikasi lainnya, adapun fungsi tombol-tombol tersebut adalah sebagai berikut:
tombol Beranda, berfungsi untuk mengarahkan Anda ke halaman menu utama aplikasi, dimana dalam menu utama aplikasi/beranda tersebut terdapat tombol-tombol lainnya dan fitur tambahan Grafik Kinerja Bulanan yang secara otomatis menghitung jumlah kegiatan perbulan berdasarkan kinerja Anda sehingga mempermudah untuk memantau sejauh mana progres kinerja Anda bulan demi bulannya.
Aplikasi Excel Laporan Kinerja Harian
Grafik Kinerja Bulanan
Di dalam menu utama aplikasi terdapat juga tombol +DATA dan tombol EDIT, fungsi kedua tersebut akan ExcelManiacs.id jelaskan selanjutnya dalam panduan cara menginput data.
Jadi, mari kita lanjutkan dengan tombol navigasi selanjutnya.


  • tombol Identitas, tombol ini berfungsi untuk mengarahkan Anda untuk menginput data identitas unit kerja dan data diri Anda yang akan menjadi referensi aplikasi untuk menampilkan identitas dan unit kerja ketika akan mencetak laporan.
  • tombol Laporan Harian, berfungsi sebagai tombol untuk menuju halaman menu memproses data laporan harian dan pencetakan laporan harian.
  • tombol Laporan Bulanan, berfungsi sebagai tombol untuk menuju halaman menu memproses data laporan bulanan dan pencetakan laporan kinerja bulanan.
  • tombol Cover, berfungsi sebagai tombol untuk menuju halaman pencetakan cover atau halaman muka laporan bulanan maupun laoran kinerja harian.
baca juga: Excel To Do List
Setelah memahami fungsi dari tombol-tombol navigasi tersebut, saatnya ExcelManiacs.id lanjutkan cara menggunakan aplikasi, adapun cara menggunakan aplikasi adalah sebagai berikut:

1. MengInput Data Kegiatan

Adapun cara menambah data kegiatan atau kinerja adalah dengan cara mengklik tombol +DATA yang terdapat pada menu utama aplikasi, setelah tombol tersebut Anda klik maka akan tampil form input penambahan data kegiatan atau kinerja dengan tampilan pada monitor PC Anda seperti gambar di bawah.
Aplikasi Excel Laporan Kinerja Harian
Form input Data Kinerja
  • Kemudian isilah kolom-kolom tersebut sesuai dengan kebutuhan, dalam aplikasi excel laporan kinerja harian ini, form input data ini dibuat sesuai format yang diadaptasi dari Kementerian Agama dimana rekan ExcelManaics.id tersebut bertugas. Kolom-kolom isian tersebut antara lain:
  • kolom Nomor, kolom ini akan terisi otomatis yang berfungsi untuk menunjukkan kepada Anda jumlah data kegiatan yang sudah Anda input.
  • kolom Tanggal, kolom ini diisi berdasarkan tanggal, bulan, dan tahun dari kegiatan yang telah Anda kerjakan.
  • kolom Kegiatan, kolom ini harus diisi dengan nama atau uraian kegiatan yang akan dijadikan sebagai laporan kinerja Anda.
  • kolom Output, kolom ini berisi data yang harus Anda input berdasarkan output atau hasil dari kegiatan yang telah Anda lakukan.
  • kolom Volume, adalah kolom untuk mengisi jumlah dari kegiatan yang yang sama sesuai dengan uraian kegiatan yang telah Anda isi pada kolom kegiatan di atas.
  • kolom Satuan, diisi dengan satuan dari volume kegiatan atau output dari kegiatan Anda.
  • kolom Keterangan, kolom ini dapat Anda isi sesuai dengan kebutuhan apabila ada.
  • tombol opsi (Options Botton) Dokumen, tombol pilih ini berfungsi apabila ada dokumen yang dihasilkan dalam bentuk softcopy (bisa berupa hasil scan atau jenis file excel, word, pdf, dll.) yang kemudian telah Anda simpan pada simpan PC Anda ataupun pada server penyimpanan online seperti Google Drive, Cloud Storage, Tusfiles, UserCloud, dll.

Fungsi dari fitur Dokumen ini adalah terletak pada Laporan Kinerja baik itu laporan kinerja harian maupun laporan kinerja bulanan. ketika kita mengakses menu Laporan Harian, terdapat kolom dokumen yang mana melalui kolom ini, Anda dapat mengakses langsung (sebagai jalan pintas/shortcut) untuk membuka dokumen yang dijadikan sebagai bahan tambahan laporan Anda.

Adapun cara menginput data dokumen adalah sebagai berikut:
klik tombol pilih Ada, maka form akan tampil sepeti pada gambar di bawah ini.
Aplikasi Excel Laporan Kinerja Harian
Menu Input Dokumen
Selanjutnya silahkan klik tombol dengan gambar kaca pembesar seperti pada gambar di atas, kemudian ikuti langkah selanjutnya persis seperti yang ditunjukkan pada gambar-gambar berikut:
Aplikasi Excel Laporan Kinerja Harian
Cara Mengaktifkan Link Dokumen
Kemudian klik teksbox seperti pada gambar dibawah lalu Paste (Ctrl+V)
Aplikasi Excel Laporan Kinerja Harian
Cara Mengaktifkan Link Dokumen Kinerja

Setelah langkah-langkah tersebut tak satupun Anda lewatkan, silahkan klik tombol Simpan, maka input data kegiatan atau kinerja telah selesai.
  • Klik tombol Tambah, untuk menambah kegiatan lain namun dengan tanggal, bulan, dan tahun yang sama.
  • Klik tombol Tutup, untuk menutup form input dan kembali ke beranda.

Video cara menginput data dokumen dapat dilihat di bawah ini:

2. MengEdit Data Kegiatan

Jika dalam proses input data terdapat kesalahan pengetikan ataupun lainnya, ExcelManiacs.id sipakan menu aplikasi untuk mengedit data kegiatan atau kinerja dengan cara mengklik tombol EDIT yang terdapat pada beranda aplikasi.
Silahkan klik tombol EDIT, maka akan tampil form edit data seperti pada gambar berikut:
Aplikasi Excel Laporan Kinerja Harian
Menu Edit Data Kegiatan
Setelah Anda tentukan data pada nomor urut berapa yang akan Anda edit, maka akan tampil data-data yang telah Anda input sebelumnya dan kemudian silahkan Anda edit data tersebut sesuai kebutuhan.


3. Mencetak Laporan Kinerja Harian

Adapun cara mencetak laporan baik itu Laporan Kinerja Harian maupun Laporan Kinerja Bulanan, ExcelManiacs.id telah rancang semudah mungkin sehingga cara dan prosesnya hampir sama antara keduanya.
Silahkan klik tombol navigasi Laporan Harian, maka aplikasi akan mengarahkan Anda ke menu Cetak Laporan Kinerja Harian dengan tampilan persis seperti pada gambar di bawah.
Aplikasi Excel Laporan Kinerja Harian
Menu Cetak Laporan Kinerja Harian
Pada gambar di atas terdapat kolom isian tanggal, tombol-tombol perintah (Command Botton), dan tombol menu pilihan (Dropdown Botton) dengan fungsi-fungsi sebagai berikut:

  • kolom isian Tanggal, Bulan, dan Tahun, kolom ini harus diisi sesuai dengan tanggal, bulan, dan tahun laporan dibuat.
  • tombol PROSES, berfungsi memerintahkan excel agar memproses laporan agar baris-baris kolom yang masih kosong atau tidak sesuai dengan tanggal, bulan, dan tahun yang telah kita tentukan akan disembunyikan dan laporan kinerja harian siap untuk dicetak.
  • tombol RESET berfungsi memerintahkan excel untuk mereset laporan sehingga baris-baris data yang kosong terlihat kembali.
  • tombol LIHAT berfungsi untuk melihat dalam mode print preview apakah laporan kinerja harian Anda sudah siap dicetak/diprint sesuai dengan tanggal, bulan, dan tahun yang telah Anda pilih.
  • tombol CETAK berfungsi untuk mencetak laporan kinerja harian Anda. tombol cetak yang tersedia dibuat hanya mencetak satu rangkap dokumen saja, namun apabila Anda menghendaki tombol ini mencetak lebih dari satu rangkap laporan kinerja maka excelmaniacs.id dapat mensettingnya kemudian.

3. Mencetak Cover Laporan Kinerja Harian

Mencetak cover atau halaman muka laporan kinerja harian maupun laporan kinerja bulanan dapat dilakukan dengan mengklik tombol navigasi Cover yang kemudian akan tampil menu cetak cover seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini.
Aplikasi Excel Laporan Kinerja Harian
Menu Cetak Cover Laporan Kinerja
  • tombol LIHAT berfungsi untuk melihat dalam mode print preview apakah cover sudah siap dicetak/diprint.
  • tombol CETAK berfungsi untuk memerintahkan printer Anda untuk mencetak cover laporan kinerja Anda.

Demikian penjelasan singkat dari ExcelManiacs.id tentang Aplikasi xcel Laporan Kinerja Harian, mudah-mudahan bermanfaat untuk mempermudah pekerjaan Anda.

Silahkan unduh aplikasinya pada link di bawah untuk mengetahui betapa mudahnya membuat laporan kinerja harian maupun laporan kinerja bulanan untuk kepentingan pekerjaan Anda.

UpdateAplikasi Excel Laporan Kinerja Harian Versi 2
Jangan lupa unduh panduan mengaktifkan macro excelnya di SINI agar aplikasi dapat digunakan pada PC Anda jika fitur Macro pada MS Office Excel belum diaktifkan.

Aplikasi Excel Laporan Kinerja Harian yang dapat digunakan sepenuhnya?

Silahkan email ke excelmaniacsid@gmail.com atau
WhatsApp : 0813 8900 3579 (chat only)



Jika Anda membutuhkan Aplikasi Excel Laporan Kinerja Harian dalam Jika Anda membutuhkan Format berbeda, silahkan klik di SINI.


<<< Terima Kasih >>>



Subscribe to receive free email updates:

49 Responses to "Aplikasi Excel Laporan Kinerja Harian"

  1. permisi om... kenapa aplikasi tidak bisa di edit.. contoh nya mau merubah logo kemenag menjadi logo pemkot.. terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan kirim identitas anda dan instansi ke excelmaniacsid@gmail.com
      terima kasih.

      Delete
  2. MACROS UDAH DIENABLE TAPI DATA GAK BISA DIUBAH

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan email ke excelmaniacsid@gmail.com untuk info lebih lanjut.

      Delete
    2. aku juga mau dong.. gimna cara dpat link nya ??

      Delete
  3. terima kasih untuk sharingnya. moga manfaat bagi banyak orang

    ReplyDelete
  4. sangat membantu n semoga bermanfaat bagi yng membutuhkan, gimana car mengganti logo n nama instansi, terima kasih

    ReplyDelete
  5. bagaimana cara mengganti sheet yg dikunci seperti nama unit organisasi dan logo?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Caranya: Silahkan klik Aplikasi Gratis dari Excel Maniacs di akhir posting tutor aplikasi ini.

      Delete
  6. Mohon untuk kirim pass project nya Pak
    wahanaecko@gmail.com

    ReplyDelete
  7. Terimakasih atas sharingnya. Mohon info cara edit logo dan nama instansi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan klik aplikasi gratis dari excelmaniacs di akhir posting.

      Delete
  8. Mohon Izin untuk password di Unprotect Datanya mas
    noorafnan83@gmail.com
    penmad.pali20@gmail.com

    ReplyDelete
  9. bagaimana cara memesan aplikasi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan klik Aplikasi Gratis dari Excel Maniacs di akhir posting.

      Delete
  10. gimana cara nya supaya bisa di dit aplikasi nya ?

    ReplyDelete
  11. gimana cara nya supaya bisa di dit aplikasi nya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan baca: "Aplikasi Gratis dari Excel Maniacs" di akhir posting.

      Delete
  12. Mohon izin share password projectnya pak
    hukumsetiono@gmail.com

    ReplyDelete
  13. saya mau full akses, cara nya gimana ? mau edit unor dan dll.

    ReplyDelete
  14. Silahkan klik Aplikasi Gratis dari Excel Maniacs di akhir posting.

    ReplyDelete
  15. Asskum,,,pak admin, mohon kirim kontak HP/WA ke email sy : sry.iwan2017@gmail.com,,, sy ingin di kirim aplikasi kinerja harian PNS, mohon kontak WA nya utk konsultasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikum salam, untuk komunikasi silahkan email ke excelmaniacsid@gmail.com

      Delete
  16. Assalamu Alaikum Mohon Pass DB nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan email ke excelmaniacsid@gmail.com untuk informasi lebih lanjut.

      Delete
  17. Assalamu'alaiku... admin
    Bisa saya minta Nomor WA dan Aplikasi Excel Capaian Kinerja Harian ke email saya
    hars.ma71@gmail.com

    Jika berkenan, minta password Sheet dan VB nya
    Terimakasih, pa Admin

    ReplyDelete
  18. Aplikasi mantap.. tp bagaimana caranya mengganti logo dan nama instansinya. Karna terprotect.. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan baca Aplikasi Excel Gratis dari Excel Maniacs di akhir posting aplikasi.
      terima kasih.

      Delete
  19. Aplikasi yang bagus, saya sangat suka, jika di ijinkan saya minta cara mengganti nama individunya sama nama instansinya, trimksih
    saya Agus Bustomi dari MIN 1 Pandeglang, mohon kirim cranya ke min1pandeglang@gmail.com

    ReplyDelete
  20. saya tida bisa mengedit mohon petunjuknya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan baca: Aplikasi Excel Gratis dari ExcelManiacs di akhir posting

      Delete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  22. Aplikasinya sangat bagus, saya tertarik. jika diijinkan saya minta cara menggatinya nama individu dan nama instansinya. terimakasih. Saya Arief Sulaeman dari SMK Taruna Sakti. Mohon kirim caranya ke arief.sulaeman16@gmail.com

    ReplyDelete
  23. aplikasi gak bisa dedit, mhon solusinya pak, email hipni78@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan baca panduannya atau email ke excelmaniacsid@gmail.com

      Delete
  24. om udah saya kirim via email bukti unggahannya,, minta password nya donkss..

    ReplyDelete
  25. Tidak bisa di download kenapa ya..selalu gagal antivirus failed

    ReplyDelete
  26. mau tanya kenapaya lkhn nya ga bisa didownload dan ibuka mohon penjelasan gan email saya faridaadzra@gmail.com

    ReplyDelete
  27. Agan, saya mau dong aplikasinya..

    ReplyDelete
  28. terima kasih untuk sharingnya. moga manfaat bagi banyak orang

    dari kemenag Pekalongan

    ReplyDelete
  29. Terimakasih Aplikasinya sangat bermanfaat

    dari MI Betahwalang

    ReplyDelete
  30. klo boleh minta aplikasinya
    buriyanto dari smpn 1 talango kab suemenp

    ReplyDelete
  31. Untuk dapat menggunakan aplikasi ini gmana caranya, izin pencerahannya.

    ReplyDelete