Aplikasi Buku Kas Umum (BKU)

Aplikasi BKU Bendahara

Aplikasi Multi Hasil Excel: Pembukuan Bendahara (BKU)

Satu lagi aplikasi excel multi output sebagai penunjang produktifitas kerja sudah bisa Anda Download telah dibuat oleh ExcelManiacs.id. Aplikasi Buku Kas Umum (BKU) ini dibuat khusus bagi Bendahara pada instansi Badan Layanan Umum dan dirancang atas inisiatif dari seorang Bendahara Pengeluaran Pembantu yang bertugas di salah satu perguruan tinggi di Lampung dengan berinisial: WA "masih menunggu persetujuan dari ybs. apakah namanya boleh dicantumkan atau tidak :), kepada ybs. jika Anda mengijinkan silahkan berikan konfirmasi melalui kolom Komentar di halaman bawah posting aplikasi ini" dan tentunya ribuan terima kasih untuk beliau atas gagasan dan inisiatifnya yang luar biasa.

Update:
1. Aplikasi Buku Kas Umum (BKU) versi 2 silahkan lihat di SINI.
2. Aplikasi Aplikasi Excel BKU BOS (Bantuan Operasional Sekolah) di SINI
3. Aplikasi Excel Perhitungan Pajak Penghasilan di SINI

atau Aplikasi Excel Manajemen Arsip? silahkan baca di Aplikasi Excel Manajemen Arsip.


Aplikasi ini memang bernama Aplikasi Buku Kas Umum (BKU) tetapi apa yang dapat dilakukan aplikasi ini bukan hanya sekedar menghasilkan BKU saja, bahkan pembukuan bendahara seperti Buku Pembantu lainnyapun dapat dihasilkan oleh aplikasi BKU ini.
Merujuk pada aturan terbaru dari Peraturan Dirjen Perbendaharaan Nomor Per-47/Pb/2014 tentang Petunjuk Teknis Penatausahaan, Pembukuan, dan Pertanggungjawaban Bendahara Pada Badan Layanan Umum Serta Verifikasi dan Monitoring Laporan Pertanggungjawaban Bendahara Pada Badan Layanan Umum menjelaskan bahwa pembukuan bendahara terdiri terdiri dari:
  1. Buku Kas Umum;
  2. Buku Pembantu; dan
  3. Buku Pengawasan Anggaran.
Sebagai bagian dari tugas dan fungsinya bendahara diwajibkan membuat laporan pertanggung jawaban dalam proses pengerjaannya membutuhkan ketelitian dan keakuratan serta sudah pasti membutuhkan waktu cukup lama. Atas dasar tersebut maka aplikasi ini dibuat untuk menunjang pekerjaan bendahara pada Badan Layanan Umum agar lebih efektif dan efisien.

Cara Menggunakan Aplikasi BKU

Selanjutnya ExcelManiacs.id akan paparkan bagaimana cara menggunakan aplikasi sehingga Anda dapat mengetahui kemudahan apa diberikan dan semoga bermanfaat bagi Anda. Berikut langkah-langkahnya:

1. Cara Agar Aplikasi BKU Berfungsi pada PC Anda

Silahkan lihat Cara Mengaktifkan Macro Excel terlebih dahulu pada PC Anda sebelum membuka file excel aplikasi BKU yang telah Anda download.
Video Cara Mengaktifkan Macro Excel:


Jika ketika file aplikasi untuk pertama kalinya Anda buka kemudian tampil pesan peringatan Protected View, silahkan klik Enable Editing.
tampilan di PC Anda akan seperti gambar di bawah ini:
Enable editing excel
Mode Protected View

2. Cara Input Data BKU

Data yang harus di input dalam aplikasi BKU ini hanya dibutuhkan pada menu input Identitas (ID) dan menu input Buku Kas Umum (BKU), seperti yang telah ExcelManiacs.id. paparkan di atas, aplikasi ini bukan hanya menghasilkan Buku Kas Umum saja tetapi sekaligus menghasilkan Buku Pembantu lainnya juga. Dalam aplikasi ini jenis buku pembantu terdiri atas:
  1. Buku pembantu Kas:
  2. Buku pembantu Uang Muka;
  3. Buku pembantu Lumsum; dan
  4. Buku pembantu Pajak.
Sangat efektif dan efisien bukan? jadi tunggu apalagi silahkan download aplikasinya agar tugas Anda selesai tepat waktu dan dengan hasil akurat tanpa kesalahan perhitungan.
Jika Anda membutuhkan jenis BKU dan Buku Pembantu lainnya, silahkan hubungi ExcelManiacs.id dengan mengklik HUBUNGI SAYA atau melalui kotak Komentar yang telah ExcelManiacs.id sediakan.
baca juga: Aplikasi DUPAK Dosen
Selanjutnya akan ExcelManiacs.id. paparkan langkah-langkah menginput aplikasinya;
  • Input Data Identitas (ID)
Pada tampilan layar aplikasi HOME Silahkan klik tombol ID kemudian isilah kolom-kolom sesuai dengan petunjuk pengisian sebagai referensi untuk Halaman Muka/Cover BKU dan data aplikasi agar output dapat dihasilkan sesuai dengan aturan yang berlaku.
Berikut tampilannya:
Aplikasi Pembukuan Bendahara: Buku Kas Umum (BKU)
Menu Input Identitas
catatan: Petunjuk pengisian dapat Anda lihat di bawah halaman menu input ID.
  • Input Data BKU
Pada tampilan layar aplikasi HOME Silahkan klik tombol BKU atau tombol gambar kaca pembesar seperti pada gambar di bawah:
Aplikasi Pembukuan Bendahara: Buku Kas Umum (BKU)
Tombol Input BKU
Setelah tombol BKU Anda klik kemudian akan tampil menu input BKU lalu isilah kolom-kolom dalam tabel sesuai dengan data pada dokumen Anda. Di bawah ini adalah gambar menu input BKU sebagai referensi aplikasi untuk menghasilkan Buku Pembantu lainnya.
Aplikasi_Pembukuan_Bendahara_Buku_Kas_Umum_(BKU)
Menu Input BKU

3. Cara Mencetak BKU

Setelah seluruh data dokumen untuk membuat BKU dan Buku Pembantu lainnya selesai, langkah terakhir adalah mencetak. Adapun tombol-tombol perintah dalam mencetak BKU atau Buku Pembantu lainnya terdiri dari:
  • tombol PROSES berfungsi memerintahkan excel untuk memproses BKU agar baris-baris kolom yang masih kosong atau tidak di input dalam menu input BKU disembunyikan dan siap untuk dicetak/diprint:
  • tombol RESET berfungsi memerintahkan excel untuk memproses BKU mengembalikan menu input BKU ke mode edit BKU sehingga baris-baris input data yang kosong terlihat kembali; 
  • tombol LIHAT berfungsi untuk melihat dalam mode print preview apakah BKU sudah siap dicetak/diprint sesuai dengan yang telah Anda input; 
  • tombol PRINT berfungsi untuk mencetak/print BKU dan Buku Pembantu lainnya. tombol print yang saya buat hanya mencetak satu rangkap dokumen saja, namun apabila Anda menghendaki tombol ini mencetak lebih dari satu dokumen ExcelManiacs.id dapat mensettingnya kemudian.
  • tips: tekan Ctrl + P pada keyboard Anda untuk menampilkan menu pilihan pencetakan dan silahkan baca juga tips dari ExcelManiacs.id tentang: Cara Kerja Cepat Pakai KEYBOARD.
    Aplikasi Pembukuan Bendahara: Buku Kas Umum (BKU)
    Menu Cetak BKU
Demikian penjelasan singkat dari ExcelManiacs.id tentang Aplikasi Buku Kas Umum (BKU) khusus dibuat untuk menunjang kinerja Bendahara pada instansi Badan Layanan Umum. Silahkan unduh: Aplikasi BKU untuk mengetahui kemudahan yang diberikan oleh aplikasi ini.
Jangan lupa download panduannya agar aplikasi BKU dapat digunakan pada PC Anda jika fitur Macro pada MS Office Excel belum diaktifkan.

Update aplikasi terbaru dari ExcelManiacs.id: Aplikasi Excel Laporan Kinerja Harian baca di SINI



Update: 
1. Aplikasi Excel Buku Kas Umum (BKU) versi 2 silahkan lihat di SINI.
2. Aplikasi Aplikasi Excel BKU BOS (Bantuan Operasional Sekolah) di SINI.

<<< Terima Kasih >>>


Subscribe to receive free email updates:

10 Responses to "Aplikasi Buku Kas Umum (BKU)"

  1. mas ini kok di protect, paswordnya apa untuk edit ID

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan email ke excelmaniacsid@gmail.com untuk info lebih lanjut.

      Delete
  2. Terima Kasih, Pencerahannya. ijin memanfaatkannya.

    ReplyDelete
  3. Terima Kasih, Pencerahannya. ijin memanfaatkannya.

    ReplyDelete
  4. Mohon berikan penjelasan ttg aplikasi BKU ya gan. Karena ada mengnama danyang enaiharus diedit, bagaimana caranya? Ttg donasi jg mohon dijelaskan

    ReplyDelete
  5. pada saat klihat LIHAT atau PRINT kenapa tidak bisa, muncul menu dengan tulisaa "maaf andaa belum bisa menggunakan fitur ini, teruma kasih telah mencoba". bagaimana caranya agar tidak muncul itu, dan bisa klik lihat dan print dengan normal

    ReplyDelete
  6. Bagus juga aplikasinya, mau tanya bagaimana caranya saya mendapatkan full version, agar bisa di edit. Atau bisakah saya kirimkan model pembukuan keuangan yang kemudian dibuatkan aplikasi excelnya. jika semua bisa berapa jasa pembuatannya. trims

    ReplyDelete